Selasa, 01 Maret 2011

Ketika Keluarga Bersikap Dingin

“Kini saya tidak bisa lagi mengekspresikan rasa kasih sayang pada sesama anggota keluarga, karena sepertinya suasana keluarga menjadi kaku. Saya kadang merasa tidak diperhatikan lagi sama keluarga. Apa yang harus saya lakukan?”

Beberapa waktu kebelakang saya sempat terpisah dari keluarga selama beberapa tahun, disebab tugas belajar yang saya lakukan di kota yang sangat jauh dari tempat tinggal keluarga. Namun ketika saatnya harus berkumpul lagi, saya merasakan ada hal lain yang saya temukan pada keluarga.

Semuanya terasa dingin dan sepertinya telah timbul sikap masa bodoh diantara sesama anggota keluarga. Hingga kerinduan yang selama ini menggelayuti pikiran saya telah berganti menjadi keheranan yang berbuah kekesalan dan kedongkolan.

Kini saya tidak bisa lagi mengekspresikan rasa kasih sayang pada sesama anggota keluarga, karena sepertinya suasana keluarga menjadi kaku. Saya kadang merasa tidak diperhatikan lagi sama keluarga. Apa yang harus saya lakukan?

Solusinya :

Saudaraku, yang baik, jauhilah prasangka yang jelek karena hal itu akan mengakibatkan bertambahnya kekakuan yang terjadi di keluarga, apalagi disertai kekesalan dan kedongkolan. Ingat kekesalan dan kedongkolan tidak pernah menyelesaikan masalah, malah akan semakin membuat ruwet permasalahan.

Kedongkolan juga akan menguras segala energi yang kita milki. Sekarang mulai berpikir tentang sebuah solusi. Ingat juga bahwa keluarga adalah amanah yang harus dijaga. Mulailah dengan berprilaku lembut pada diri sendiri dan tidak ikut terbawa arus, hingga kita dapat menjadi seorang teladan. Insya Allah yang lain nanti mengikuti. Wallahu’alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar